Program Pertukaran Pelajar Kota Medan ke Gwangju, Korea Selatan

    • Posted: 16-Oct-2018
    blog image

    Program Pertukaran Pelajar Kota Medan ke Gwangju, Korea Selatan

    Program Pertukaran Pelajar kota Medan, Sumatera Utara dan Gwangju, Korea Selatan

     

    Kegiatan pertukaran pelajar sebagai agenda tahunan kegiatan antara Pemerintah Kota Medan dan Pemerintah Kota Gwangju. Adapun kegiatan Student Exchange Program ini sebagai bentuk dari kerjasama sister city , kota bersaudara yang telah terjalin sejak beberapa tahun yang lalu. 

    Diungkapkan Walikota pertukaran pelajar dari Gwangju ini sebagai bagian dari peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan yang telah terjalin pada berbagai sektor kehidupan.

    Kabag Hubungan Kerjasama Drs. Rivai Nasution, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama di Kota Medan, para pelajar ini melakukan studi tour di SMA N 1 Medan, SMA N 4 Medan, SMA Shafiyatul Amaliyyah, SMA AL Azhar, SMA Prime One School, MAN 1 Medan dan SMA Tritech Informatika Medan untuk saling bertukar informasi sistem dan model pendidikan bersama pelajar dan guru.

    Selain itu mereka juga melakukan edukasi wisata dan kebudayan ke sejumlah objek wisata seperti Istana Maimun, Museum Rahmad Gallery, serta objek wisata budaya dan kuliner lainnya yang ada di Kota Medan.

    Sementara itu pendamping pelajar asal Korea Selatan, Mrs. Chohee Yang, memberikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Medan karena telah menerima dengan baik selama berada di Kota Medan.

    “Kami atas nama rombongan pertukaran pelajar mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan untuk bertukar informasi di bidang pendidikan, mengenal model dan sistem pendidikan yang ada di Kota Medan serta sistem kebudayaan lokalnya,” ungkap Mrs. Chohee.

    Kerjasama ini sambungnya diharapkan dapat terus berjalan dengan baik di masa mendatang dan semakin mempererat hubungan kerjasama antara Kota Medan dan Gwangju sebagai Sister City yang pada tahun 2017 ini tepat 20 tahun berjalan.

    Dalam kesempatan tersebut Walikota Medan didampingi Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution menyerahkan cendera mata kepada para pelajar dan pendamping.

    Jamuan makan malam ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Deli Serdang, Riki Prananda Nasution, Ketua DPD Partai Golkar Deli Serdang, T. Ahmad Tala’a, serta orang tua asuh pelajar Gwangju tempat para pelajar tinggal selama berada di Kota Medan.